Pemicu serta Langkah Menangani Rem Cakram Motor Macet atau Seret

Posted on

Di jaman saat ini pemakaian rem tromol untuk roda depan motor kelihatannya tidak dipakai kembali. Skema rem yang dipakai berubah ke type rem cakram yang dipandang lebih pakem serta miliki penampilan yang semakin bagus.

Tapi makin lama elemen pada skema pengereman type cakram ini akan alami rusaknya. Diantaranya ialah rem cakram macet, ringannya umumnya jadi seret.

Rem yang seret dapat meningkatkan beban mesin, sebab putaran roda terhalang. Kaliper rem bersama cakram remnya bisa saja panas sebab sangat sering bergesekan. Jadi kampas rem tetap melekat ke cakram rem. Sangat fatalnya rem cakram dapat macet menutup cakram dengan penuh, serta itu begitu membahayakan sekali.

Oleh karena itu kita butuh tahu pemicu berlangsungnya rem cakram motor seret bahkan juga sampai macet. Butuh dikerjakan beberapa mencegah dengan berkala supaya skema rem cakram masih dalam kondisi yang sempurna. Untuk keamanan serta kenyamanan waktu berkendara.

Piston rem kotor
Elemen ini begitu riskan muncul karat jika jarang kita membersihkan. Piston rem berjalan mendesak kampas rem saat handle rem didesak, serta balik lagi saat handle rem dilepaskan.

Gerakan ini dapat terhalang jika ada kotoran yang menumpuk. hingga master rem susah berjalan serta kembali pada tempat sebelumnya. Hal-hal lain yang dapat muncul sebab kotoran yang menumpuk ialah munculnya korosi atau karat.

Tidak cuma piton tidak kembali pada tempat sebelumnya, sebalik potensi pengereman piston dapat juga terhalang jika ada kotoran atau karat. Sebab piston rem tidak tergerak saat handle rem didesak.

Kampas rem tidak cocok detail bawaan motor
Kampas rem ini terbagi dalam beberapa macam, ada yang memiliki tekstur keras serta ada juga yang lebih lunak. Biasanya sepeda motor memakai kampas rem yang lebih keras, maksudnya tidak cuma supaya awet saja tapi pun lebih minim debu.

Bongkar part kaliper rem
Untuk menangani persoalan ini agan mesti membuka semua part yang ada di kaliper rem. Dari mulai melepas kaliper dari pegangannya, kampas remnya, link kaliper, s/d keluarkan piston rem didalamnya.

Membersihkan dengan kombinasi air sabun bersihkan piring
Membersihkan semua elemen dengan kombinasi air serta sabun bersihkan untuk bersihkan kotoran. Agan dapat juga menghampelas sisi silinder rem serta piston rem jika muncul karat.

Hamplas sisi yang berkarat
Yakinkan memakai hamplas halus supaya tidak ada baret pada permukaannya. Pasang kembali semua part rem cakram serta lumasi piston serta link kaliper memakai grease atau gemuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *