Langkah Menangani Motor Berhenti Karena Air Hujan

Posted on

Beberapa ada yang mesti kita check pada saat motor berhenti sesudah terkena hujan besar atau terserang banjir. salah satunya ialah busi, knalpot serta karburator. Kontrol ini dapat kita kerjakan sendiri bila ada perlengkapan simpatisan nya, salah satunya ialah kunci busi serta obeng.

Busi
Check keadaan Busi motor Anda. Yakni salah satunya elemen yang begitu penting pada mesin sepeda motor, karena titik api untuk menghidupkan mesin motor. Busi begitu peka jika terserang air hingga dapat menyebabkan tidak berperan dengan baik.

Coba bebaskan busi dari mesin serta janganlah lupa tutup lubang busi pada mesin motor untuk hindari benda atau debu masuk dalam mesin. Lalu gosok atau lap busi memakai kain kering yang bersih, ingat mesti gunakan kain kering serta bersih karena jika gunakan kain basah serta kotor justru akan jadi memperburuk kondisi. Pakai sikat untuk bersihkan kepala busi serta ujung elektrodanya atau juga bisa memakai ampelas.

Sebelum busi dipasang kembali, membersihkan lubang busi lewat cara mengengkol (kick starter) motor sekitar 3 sampai 5 kali. Serta yakinkan kunci kontak motor dalam tempat mati, dan kain penyumbat lubang busi masih menutupi lubang busi. Atau juga bisa dengan cuma mengelap lubang busi memakai kain kering serta bersih. Sesudah itu baru pasangkan busi dengan erat.

Knalpot
Setelah itu check knalpot motor anda, triknya bikinlah sisi belakang motor ada di ketinggian yang lebih rendah lewat cara memakai standard tengah yang diganjal dengan balok kayu atau mungkin dengan batu. Hingga air yang ada di dalam knalpot bisa keluar lewat lubang knalpot yang ada di bagian belakang. Sesudah air di knalpot keluar semua janganlah lupa untuk memasukan dikit oli untuk menahan munculnya karat di dalam knalpot.

Karburator
Coba check karburator motor, sebab mungkin air masuk juga ke karbulator motor. Untuk bersihkan karburator tak perlu dibongkar, cukuplah tutup keran aliran bensin (off) dari tangki ke karburator, lalu putar baut aliran pembuangan karbrator. Sesudah bensin serta air keluar putar kembali baut pembuangan sampai seperti sebelumnya, sesudah itu membuka kembali keran aliran dari tangki ke karbulator. Dengan demikian diinginkan air yang di karburator akan keluar berama bensin.

Panasi Mesin
Sesudah semua penelusuran dikerjakan, coba nyalakan motor dengan memakai kick starter, Suhu yang dingin yang di sebabkan air hujan juga bisa memengaruhi motor yang alami suhu dingin. Untuk menanganinya coba mengengkol (kick starter) motor anda sekitar 4 sampai 6 kali dalam tempat mati. Sesudah itu baru nyalakan kunci kontak motor, lantas mengengkolnya kembali, serta sebelum jalan panasi mesin untuk kembalikan suhu normal mesin motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *