Pemicu serta Langkah Tahu atau Cek Knalpot Motor yang Bocor

Posted on

Elemen pembuangan atau yang sering kita kenal menjadi tempat pembuangan gas bernama knalpot, pekerjaannya tentunya untuk menahan nada hasil pembakaran pada ruangan bakar. Rusaknya atau berlangsung kebocoran pada knalpot ini bisa mengakibatkan nada bising ditambah tenaga motor yang berkurang.

Pemicu Knalpot Bocor

Bocornya knalpot bisa karena banyak hal. Pertama yakni karat. Bagian knalpot yang berkarat dari hasil kotoran bercampur air kotor yang melekat terlalu lama pada knalpot sampai mengakibatkan korosi. Jika dilewatkan demikian saja, bukan hanya bocor, peluang knalpot bisa berlubang.

Pemicu yang lainnya yakni ada skema kondensasi. Kondisi luar dan dalam knalpot yang memiliki temperatur berbeda bisa mengakibatkan munculnya karat pada sistem pembuangan ini. Lebih pada daerah dengan kandungan garam yang tinggi, seperti pantai.

Selain itu, air yang mengendap dalam elemen pembuangan juga dapat mengakibatkan karat. Biasanya air bisa mengendap jika motor sering jalan dalam kecepatan rendah atau sering kerjakan idling (stationer).

Seringkali bongkar-pasang knalpot dapat juga jadi saah satu pemicu knalpot bocor, umumnya karena paking knalpot yang rusak serta dapat juga karena baut pengunci knalpot yang kendor.

Langkah Tahu Knalpot Motor Bocor

Yang pertama bisa dikerjakan langkah dengar nada menembak dari knalpot, ini berjalan saat throttle gas ditutup. Bila belum meyakini, masih ada langkah lainnya.

Langkah ke-2 yaitu dengan tutup lubang knalpot saat memanaskan mesin, bila ada suara berdesis, bermakna ada kebocoran pada knalpot. Nada berdesis itu hadir dari seputar ruangan blok silinder serta leher knalpot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *